Kamis, 12 November 2009

Proses Penggilingan

Penggilingan yang di lakukan sangat manual dengan memkai mesin giling yang yang sangat sederhana, Alat pendukungnya yaitu jinamo, dengan menggunakan tenaga listrik, pada proses ini dilakukan penuangan gelongdong ke tempat yang sudah tersedia di bagian atas, dengan putaran jinamo membuat roda mesin berputar dengan sendirinya.
Input adalah gelondong ( biji merah ) dan output nya berupa gabah atau terlepasnya kulit pertama dan produk samping adalah kulit gelondong di bagian belakang mesin tersebut yang terlihat seperti gambar di samping.
Dengan perlakuan seperti ini kopi yang di hasilkan sangat maksimal, karena mesin ini di buat khusus hanya untuk dari gelondong ke gabah, dan Proses ini tidak memakan waktu yang lama.

Gambar di atas terlihat dari depan dan para pekerja tersebut masih juga menyortir saat proses berlangsung. kegiatan ini tidak rutin tergantung gelondong yang ada.
penyortiran ini dilakukan untuk menjaga kualitas kopi. sehingga tidak diragukan lagi saat
di jual atau ekspor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.commenttext { clear: both; margin: 3px 0px 10px 0px; padding: 20px 10px 5px 10px; width: 490px; background: #FFFFFF url(http://3.bp.blogspot.com/_pt7i0nbIOCY/SKr0-3xHq9I/AAAAAAAAAMw/F-3qMZZGo8M/s320-R/comment.gif) no-repeat top left; }